PERHATIAN : JIKA INGIN MEMBACA MULAILAH DENGEN بسم الله الرحمن الرحيم

Rabu, 10 September 2008

Chat Ceria Dengan IRC

Bagi warga dunia maya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan IRC (Internet Relay Chat). Berikut akan dibagi beberapa trick dan tips agar suasana chatting dengan IRC lebih menarik. Mungkin bagi Anda yang sudah “berpengalaman” dalam bidang ke”IRC”-an, trick ini sudah basi. Namun bagi pemula, ini adalah trick-trick yang cukup menarik untuk dipraktekkan. Trick ini tidak terbatas pada mIRC saja, karena beberapa IRC client yang lain sudah menerapkan command-command yang sama.

Membuat teks chat berwarna

Trik ini sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan menekan tombol Ctrl + K pada keyboard sebelum teks yang diwarnai, diikuti dengan nomor kode warna yang diinginkan. Berikut contohnya.

Setelah menekan tombol Ctrl + K akan muncul pilihan warna. Ketikkan kode warna yang kita pilih sebelum teks yang akan diwarnai. Misalnya jika kita memilih warna biru, ketik saja kode 12 setelah Ctrl + K diikuti dengan teks yang diwarnai.

Setelah dienter, maka teks yang dikirimkan ke channel maupun query (private message) juga akan berwarna seperti yang kita kehendaki. Permainan warna tersebut tidak hanya sampai di sini. Kita dapat memainkan dua warna sekaligus dalam satu teks. Jadi warna pertama berperan sebagai foreground color, yang kedua sebagai background color. Misalnya jika mau bikin tulisan merah diatas hitam. Maka kode warnanya adalah 4,1. Dimana 4 yang artinya merah adalah foreground color (warna teks) dan 1 artinya hitam adalah background color. Pemisah antara kode warna foreground dan background adalah tanda koma ‘,’.

Membuat teks tebal, miring, bergaris bawah, dan reverse.

Untuk membuat variasi teks lain yaitu teks tebal, miring, bergaris bawah, dan reverse, dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama. Command yang dipakai sebagai berikut:

Ctrl + B untuk membuat teks Tebal.

Ctrl + U untuk membuat teks bergaris bawah.

Ctrl + R untuk membuat teks reverse.

Ctrl + I untuk membuat teks miring.

Ctrl + O untuk kembali ke default.

Suatu ketika, mungkin kita ingin memvariasi satu kalimat menjadi beraneka variasi. Mungkin kita ingin membuat hanya satu kata saja yang tebal atau berwarna. Di situlah gunanya Ctrl + O, sebagai penanda akhir, penutup tag, atau untuk mengembalikan mode penulisan seperti semula.

Karena terbatasnya waktu, mungkin sampai di sini saja dulu pertemuan kita. Untuk bagian selanjutnya, insya Allah akan diulas tentang trik yang lebih menarik. Demikian, mohon maaf jika ada kesalahan. Kritik dan saran sangat kami harapkan. Just leave it in the comment form.

0 komentar:

friendster aanDZ kebidanan x-template.blogspot.com