PERHATIAN : JIKA INGIN MEMBACA MULAILAH DENGEN بسم الله الرحمن الرحيم

Minggu, 23 November 2008

Hasilkan Jutaan Dolar Dari Cerita Pribadi

Berawal dari kesukaan bercerita tentang kehidupannya seharihari, Heather Armstrong mendirikan situs dooce.com.

Situs itu kini mampu menarik 850.000 pembaca dan mendatangkan pengiklan. Dooce berisi cerita liku-liku kehidupan Armstrong sehari-hari yang dikemas dengan lugas, lucu, wajar,dan enak dibaca. Di situs itulah Armstrong menuangkan kreativitas dan pergulatan hidup keseharian, termasuk curahan hati (curhat) tentang rasa frustrasinya sebagai wanita modern.

"Pembaca suka berkunjung ke situs saya karena saya lebih jujur dibandingkan majalah-majalah perempuan yang dicetak dengan kertas mengkilat. Dooce benar-benar berisi cerita lugas dan tanpa disaring. Situs saya tidak dikelola sebuah dewan redaksi berisi 12 orang untuk menyetujui apa yang akan Anda katakan. Ini benar-benar hal yang nyata," ungkap Armstrong seperti dirilis New York Times.

Di situs itu Armstrong menulis liku-liku perjalanan hidupnya sejak belum menikah dan mendapat banyak uang sebagai desainer web di Los Angeles, California, hingga setelah masa pacaran dengan calon suaminya.

Dooce juga berisi cerita saat Armstrong dipecat dari pekerjaannya sebagai desainer web dan hidup seperti pengangguran pemabuk, hingga menikah dengan suaminya saat ini, dan pindah ke Utah, AS. Di Utah, Armstrong melahirkan anak-anaknya. Namun tekanan rasa depresi yang dialami Armstrong membuatnya harus dibawa ke rumah sakit jiwa.

"Kondisi saya lebih baik saat ini. Pada Oktober 2005 saya mulai mendapat banyak iklan dan suami saya bisa keluar dari pekerjaannya serta menjadi bapak rumah tangga. Situs ini mendukung keluarga saya," ungkap perempuan peraih gelar sarjana di bidang sastra Inggris itu. Ternyata cerita-cerita Armstrong itu disukai banyak pembaca sehingga sejumlah perusahaan seperti JC Penney dan Crate & Barrel, bersedia beriklan di situs itu.

JC Penney dan Crate & Barrel menjual furnitur dan menawarkan tip-tip dekorasi di sela-sela cerita dan pembicaraan Armstrong dengan putrinya yang berusia empat tahun, Leta, di situs itu. Selain JC Penney dan Crate & Barrel, Walgreens juga mempromosikan jasa percetakannya di sela foto-foto keluarga yang dipasang Armstrong di situsnya.

Tidak ketinggalan, jaringan W Hotel juga memasang iklan di situs Dooce. Para pengiklan itu jelas sangat ingin memengaruhi ratusan ribu pembaca Dooce yang sebagian besar ibu rumah tangga. Meski Armstrong tidak bersedia mengungkapkan jumlah pasti pendapatan iklan yang diperolehnya, penghasilan Dooce tahun ini naik tujuh kali lipat dibandingkan pendapatan pada 2006.

Data itu diperoleh berdasarkan keterangan Federated Media, perusahaan penjual iklan di situs milik Armstrong. Menurut perusahaan pengukur jumlah lalu lintas internet, comScore, langkah Armstrong mendirikan situs yang menyasar pembaca ibu rumah tangga merupakan langkah yang tepat. Menurut data comScore, saat ini situs-situs untuk ibu rumah tangga telah tumbuh 35 persen dibandingkan tahun lalu. Situs itu biasanya berisi tips-tips make up dan berbusana.

"Situs untuk perempuan memiliki 84 juta pengunjung pada Juli silam, atau 27 persen lebih banyak dibandingkan Juli tahun lalu," ungkap comScore. "Para pengiklan tergiur dengan jumlah pembaca perempuan. Pengiklan telah menampilkan 4,4 miliar iklan di situs perempuan pada Mei," papar comScore.

Jumlah iklan tersebut lebih banyak dibandingkan situs untuk anak-anak, remaja, atau keluarga. Wakil presiden dan direktur digital agensi iklan MediaVest, Chris Actis, juga mengakui hal itu. "Ibu-ibu merupakan pembuat keputusan utama dalam rumah tangga untuk masalah membeli barang-barang kebutuhan keluarga atau semacamnya," ungkapnya.

Armstrong menjelaskan, tidak semua pengiklan mau bertahan untuk memasang iklan di situsnya. Saat dia menggunakan kata-kata yang lugas dalam tulisannya, dua perusahaan hiburan keluarga mencabut iklan mereka dari Dooce.

"Saya pikir itu mengagumkan.Saya tahu satu pengiklan akan mencabut iklannya, tapi saya pikir pengiklan mulai memahami bahwa orang-orang datang ke situs saya karena cerita saya," paparnya.

Tulisan Armstrong di situsnya memiliki ciri yang lugas dan tanpa dibuat-buat. Saat menuturkan sebagian pengalaman hidup, dia menulis, "Saya pernah berkencan dengan sejumlah aktor dan bertemu sejumlah selebriti di Los Angeles. Semua yang Anda dengar tentang Los Angeles semuanya benar, khususnya tentang lalu lintas dan para aktornya, mereka benar-benar seburuk itu," tulisnya.

Armstrong, yang kini dikaruniai tiga anak, dulu pernah bekerja selama beberapa tahun untuk lembaga yang menangani masalah kecanduan narkoba. Dia tumbuh besar di daerah pinggiran Memphis, Tennessee. Saat lulus dari Bartlett High School pada 1993, dia mendapat kesempatan memberikan pidato perpisahan.

"Alasan mengapa saya menceritakan tentang bagian pidato perpisahan tersebut karena itu satu-satunya kehormatan yang saya dapat seumur hidup," tulisnya dengan nada humor. Menurut Armstrong, dia dipecat dari pekerjaannya satu tahun setelah mendirikan Dooce. Situs tersebut dia buat pada 2001.

Dia dipecat karena menulis cerita yang melibatkan orang-orang di tempat kerjanya. "Nasihat saya pada Anda, jangan terlalu bodoh seperti saya. Jangan pernah menulis tentang pekerjaan di internet, kecuali bos Anda akan tahu dan menghukum Anda," paparnya di Dooce.

0 komentar:

friendster aanDZ kebidanan x-template.blogspot.com